Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata kata OK ada sejarahnya loh..

Ternyata kata OK ada sejarahnya loh..
Sourcewww.mesazhi.cim
Seringkali kita mengatakan kata populer OK. Hampir setiap orang apapun jenis kelamin, usia atau negara, mereka pasti pernah mengatakan kata OK. Meskipun dari sebagian pelafalan dan tulisan bisa berbeda-beda.

Ada yang menulis OK, Oke, Okey, tapi pada dasarnya memiliki arti dan maksud yang sama.

Tahu tidak, sebenarnya kata OK memiliki sejarah yang panjang.

Dirangkum dari www.lexico.com, banyak yang telah berusaha untuk menjelaskan kata OK, namun kebanyakan mereka hanya berspekulasi sesuai dengan cerita dan dari mana mereka berasal.

Meskipun begitu, ada penjelasan yang mungkin lebih valid, lebih rinci dan masuk akal.

Kata OK muncul pada tahun 1930an di negeri Paman Sam, Amerika, yang mana kata ini muncul secara tidak disengaja, melainkan sebuah lelucon pada waktu itu.

Menurut sejarah kata OK merupakan singkatan dari kata All Correct. Secara tulisan, kata ini memiliki huruf depan A dari All yang ketika dilafalkan menjadi huruf O,  dan huruf C dari kata Correct yang dilafalkan menjadi huruf K.

Jadi ketika diambil huruf depannya menjadi kata OK.

Pada waktu itu singkatan kata belumlah sepopuler sekarang. Ok (All Correct) merupakan singkatan yang dipakai setelah kata OW yang berasal dari kata All right yang mana memiliki arti yang sama, yaitu baik-baik saja.

Namun, kata OW tidaklah begitu populer seperti kata OK.

Kata OK menjadi semakin populer ketika dipakai menjadi slogan dari Partai Demokrat pada calon pemilihan president Amerika di tahun 1940.

Kandidat president mereka yang bernama Martin Van Buren yang berasal dari Old Kinderhook, dan juga supporternya yang menamai dirinya OK Club membuat kata singkatan ini semakin dikenal dan dipakai.

Meskipun masih diperdebatkan apakah kata OK berasal dari kata All Correct atau dari Old Kinderhook tapi kita bisa menarik kesimpulan bahwa kata OK yang kita pakai saat ini lebih cenderung memberikan arti baik saja (All Correct).

Kita seringkali memakai kata OK ini untuk menyatakan setuju atau juga baik-baik saja.

Itulah sedikit ringkasan sejarah kata OK yang menambah wawasan kita, yang ternyata berasal dari singkat kata (All Correct) dan memiliki arti baik-baik saja.

Salam Semangat
TulisMind